6 Manfaat Utama ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

ASI mengandung banyak komponen nutrisi yang sangat lengkap dan memadai untuk bayi. Pemberian ASI ekslusif pada buah hati sangat dianjurkan untuk membuatnya tumbuh sehat, kuat, dan cerdas. Selain itu, ternyata pemberian ASI juga baik untuk ibu. Secara lebih lengkap, inilah ulasan 6 manfaat utama pemberian ASI secara eksklusif untuk ibu dan bayi.

ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

1. Memberikan Nutrisi Sesuai Kebutuhan

Usia 0-6 bulan sangat membutuhkan kecukupan nutrisi yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil selama periode emasnya. Anda harus memperhatikan asupan nutrisinya dengan berupaya memberikan ASI secara rutin dan berkelanjutan. Kebutuhan energi dapat tercukupi dengan pemberian ASI.

Setelah si kecil berusia 6-12 bulan, Anda tetap harus memberikan ASI untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi si kecil, di mana ASI bisa memenuhi ½ atau lebih dari kebutuhan energinya. Setelah usia 12-24 bulan, kebutuhan energi sebanyak 1/3 bisa terpenuhi dari ASI. Untuk pelengkap energinya, berikan MP-ASI dan buah.

2. Mendukung Kecerdasan Si Kecil

Kecerdasan si kecil mampu terbentuk optimal pada periode emas pertumbuhannya. Pemberian ASI eksklusif menurut WHO adalah sampai bayi berusia 2 tahun. Asupan makanan bayi usia 0-6 bulan hanya dari ASI, sehingga harus rutin memberikan ASI untuk kebutuhan gizinya, sehingga mendukung kecerdasannya.

Bagi usia bayi 6 bulan ke atas, sebaiknya pemberian ASI mulai disertai dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI), sehingga bisa terpenuhi kebutuhan gizi yang makin kompleks. Berdasarkan penelitian, IQ atau kecerdasan intelektual bisa lebih optimal apabila diberi ASI yang memadai. Gangguan mental juga bisa dicegah.

3. Melindungi Si Kecil dari Infeksi

Melindungi si kecil dari infeksi adalah manfaat utama selanjutnya dari pemberian ASI. Memberikan ASI dalam waktu 1 jam pasca melahirkan dapat melindungi buah hati dari infeksi penyakit, seperti diare. Oleh karena itu, jumlah bayi yang mengalami infeksi karena sistem imun yang rendah, bisa diminimalisir.

4. Meningkatkan Sistem Imun Si Kecil

Sistem imun sangat penting untuk dioptimalkan, terlebih untuk si kecil yang kondisi tubuhnya masih rentan. ASI merupakan sumber penguat sistem imun untuk bayi sampai usia 2 tahun, sehingga ibu perlu memberikannya secara eksklusif. Optimalnya sistem imun mampu mencegah timbulnya alergi atau gangguan kesehatan pada bayi.

Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, dan perut kembung yang seringkali menyerang bayi, bisa diminimalisir. Selain itu, reaksi alergi ataupun demam akibat kondisi lingkungan bisa dicegah dengan pemberian ASI kepada si kecil secara berkelanjutan sampai usianya menginjak 2 tahun.

5. Mengurangi Risiko Obesitas Si Kecil

Ternyata, obesitas juga bisa terjadi pada bayi. Hal ini perlu diwaspadai. Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2013, diperkirakan sejumlah 41,7 juta anak di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini bisa disebabkan oleh pemberian makanan selain ASI yang berlebihan.

Obesitas ini sangat mengganggu kenyamanan si kecil untuk beraktivitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan ASI secara memadai, yang merupakan kriteria pemberian ASI eksklusif Depkes. Ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengonsumsi susu khusus ibu menyusui yang berkualitas.

6. Membantu Ibu Lebih Sehat

Perlu Anda ketahui, ternyata pemberian ASI secara eksklusif juga berpengaruh positif terhadap kesehatan ibu. Rutinitas ibu untuk memberikan ASI-nya bisa mengurangi risiko kanker ovarium serta kanker payudara. Untuk itu, hal ini harus diperhatikan demi kesehatan Anda. Jangan sampai mengabaikan kesehatan, karena sehat itu mahal.

Itulah 6 manfaat pemberian ASI secara eksklusif untuk ibu dan bayi. Kesehatan keduanya bisa didukung oleh pemberian ASI pada bayi secara teratur sampai usianya menginjak 6 bulan. Untuk memperlancar proses pemberian ASI, Anda dapat mengonsumsi susu untuk ibu menyusui yang mengandung nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan bayi.

Ketahanan tubuh ibu dan bayi juga dapat didukung oleh susu khusus untuk ibu menyusui. Nestle Mom & Me bisa jadi sumber nutrisi bagi ibu menyusui agar kualitas ASI tetap terjaga dan jumlahnya memadai bagi si kecil. Dengan mengonsumsi berbagai zat gizi yang salah satunya diperoleh melalui susu, maka pemberian ASI eksklusif bisa terpenuhi dengan baik.

Related Posts

6 Manfaat Utama ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini