Yuk Mengenal Toyota Calya dan Agya sebelum Membeli Salah Satunya

Pada mulanya, brand mobil perusahaan mobil ini bernama Toyoda. Namun dari segi pemasaran kurang beruntung, kemudian diganti. Sekarang, produk mobil barunya amat berlimpah. Namun ada dua produk yang cukup menyita perhatian. Mereka adalah Calya dan Agya. Meski keduanya berasal dari pabrikan yang sama, tetapi memiliki perbedaan kelebihan dari berbagai segi seperti di bawah ini.

Mengenal Toyota Calya dan Agya sebelum Membeli Salah Satunya

Segi Konsumsi BBM

Boros atau tidaknya konsumsi BBM wajib dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Sebab, ini berkaitan dengan perjalanan jarak pendek dan jarak jauh. Mobil Agya memiliki daya konsumsi 17 – 19 kilometer per liter. Sementara mobil Calya punya daya konsumsi BBM per liternya 20 - 21 kilometer.

Segi Keamanan

Fitur keamanan mobil tentu sangat penting. Siapa bisa memprediksi datangnya kejadian tak diinginkan, seperti pencurian, misalnya? Nah, mobil Calya punya fitur panic mode. Fitur ini akan menghalangi seseorang yang mencoba mencuri dengan merusak kendaraan. Sementara mobil Agya punya fitur immobilizer untuk menonaktifkan penggunaan kunci duplikat.

Segi Kapasitas Penumpang

Semakin besar kapasitas penumpang mobil, maka semakin lega rasanya. Pada mobil Calya, kapasitas maksimal penumpangnya bisa untuk memuat maksimal 7 orang dewasa. Sementara mobil Agya lebih sedikit, yakni 5 penumpang saja. Muatan mobil memang harus Anda pertimbangkan betul-betul sebab mobil yang dipakai dengan melebihi muatan akan berdampak buruk pada kualitas mobil itu sendiri.

Segi Desain Interior dan Eksterior Mobil

Dari segi desain luar-dalam, mobil Calya punya kesan yang kuat. Bisa mengalahkan desain mobil Avanza maupun Kijang Inova. Sementara mobil Agya tampil lebih sporty. Desain mobil Agya memang dirancang agar memiliki kesan lincah, seperti temanya: “anvanced agility”.

Dari Segi Harga OTR (On The Road/Cash)

Dengan membeli secara cash atau tunai, kamu tentu tidak lagi memikirkan soal beban biaya kredit per bulannya. Keuntungan lainnya, kalau kamu beli dengan harga OTR atau On The Road, kamu akan dapat fasilitas gratis pengurusan hak milik dan juga sertifikasi lainnya.

Mengenai ini, Mobil Toyota Agya dan Calya memiliki perbedaan. Rata-rata, untuk mendapatkan mobil Calya secara cash, maka kamu setidaknya menyediakan budget sebesar 130 juta untuk harga terendah sampai dengan 150 juta untuk harga dan tipe terbaik Calya.

Sementara untuk mobil Agya, kamu setidaknya harus menyediakan budget minimal 110 juta dan maksimal sekitar 121 juta. Harga tersebut tentu sesuai variasi tipe mobil itu sendiri. Setelah beli, tinggal diajak jalan-jalan deh bareng keluarga tercinta.

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Tapi dibandingkan kelebihannya, tentu saja kekurangannya lebih minim. Khusus untuk mobil Calya, kekurangannya hanya ada pada kurang nyamannya tempat duduk, kapasitas mesinnya kecil, dan juga ukuran ban terlalu kecil. Semua mungkin ingin memiliki mobil yang sempurna dengan kualitas terjamin. Tapi di dunia ini tidak ada yang sempurna. Yang ada hanya lebih baik.

Sementara untuk mobil Agya juga sedikit sekali kekurangannya. Mobil Agya membawa desain yang lebih modern daripada Calya. Namun Agya yang memang didesain dengan bobot ringan ini cenderung membawanya pada kekurangan jika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Berat kosong mobil yang hanya 746 kg ini, kalau diajak ngebut sedikit saja sudah terasa kurang seimbang. Agak oleng. Mungkin memang cocok untuk pengemudi yang santai, ya.

Setelah menyimak uraian di atas, manakah yang lebih sesuai dengan hatimu? Apakah mobil Agya atau Calya? Keduanya memiliki kelebihan maupun kekurangan yang hampir sama. Bahkan terkesan saling melengkapi. Tentu saja yang pasti kalau beli salah satu dari kedua mobil ini, garasimu tidak kosong lagi. Perjalanan pribadi dengan keluarga juga bisa dilalui dengan lebih leluasa.

Related Posts

Yuk Mengenal Toyota Calya dan Agya sebelum Membeli Salah Satunya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini